kesempatan itu ada dan nyata

Traveling ke suatu tempat dengan menggunakan pesawat merupakan hal yang sangat lazim terjadi pada jaman sekarang ini. Jumlah maskapai yang begitu banyak, harga tiket yang bersaing serta kemudahan akses informasi untuk mendapatkan info promo lewat internet membuat moda transportasi ini menjadi pilihan utama saat ini. Tapi beberapa saat yang lalu? traveling menggunakan pesawat merupakan barang mewah yang hanya bisa dinikmati oleh segelintir kalangan saja. Bahkan gue sendiri pun cenderung skeptis akan hal ini. Masa sih bisa traveling ke berbagai tempat dengan murah?

Pilihan untuk traveling dengan moda transportasi angkutan udara pun cukup beragam saat ini. Maskapai yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi maskapai full service dan low cost carrier. Untuk traveler berkategori berkecukupan tentu lebih memilih maskapai full service yang menawarkan kenyamanan dan bebas repot. Sebagai traveler yang menganut paham ‘gembelisme’ tentu gue memilih maskapai dengan pelayanan terbaik dan MURAH! Bersyukur gue berada di tengah komunitas yang memiliki hobi dan passion yang sama yaitu traveling, hingga pada suatu saat salah seorang teman akhirnya menawarkan untuk menggunakan maskapai ini. Gue yang notabene adalah seorang newbie traveler kala itu tentu belum paham akan konsep low cost carrier yang ditawarkan salah satu maskapai. Awalnya gue sempat ragu untuk mencoba maskapai ini karena khawatir akan hidden cost yang biasanya sengaja disembunyikan supaya terlihat murah.

Screen capture of my first ticket
Screen capture of my first ticket

Yap! Pilihan gue jatuh kepada AirAsia. Hasil screen capture diatas bukan hasil dari manipulasi aplikasi editing fotografi, tapi itu nyata! Hasil berburu semalaman suntuk, hanya untuk membuktikan pernyataan salah satu teman yang merekomendasikan bahwa Airasia itu memang murah. Alhasil dari berburu free seats malam itu adalah tiket one way PKU-BDO hanya Rp 21.500 saja! (bahkan makan siang gue ketika di Pekanbaru waktu itu saja tidak semurah harga tiket yang gue dapat kala itu). Elo hanya membayar apa yang elo perlukan. Sesederhana itulah konsep low cost carrier yang AirAsia tawarkan kepada para penumpangnya sehingga harga tiket pun bisa di tekan serendah mungkin sehingga terjangkau bagi calon traveler.

Semenjak saat itu, paradigma gue terhadap angkutan udara mulai berubah. Ternyata, untuk bisa naik pesawat itu bukan hanya milik kalangan yang berkocek tebal saja. Traveler dengan budget rendah seperti gue pun bisa, persis seperti slogan yang selalu mereka dengungkan ‘now everyone can fly’. Dan semenjak saat itu pula, keinginan terpendam untuk berkeliling Indonesia, Asean bahkan Asia, menjadi hal yang sangat mungkin untuk gue lakukan. Ini seperti elo mendapatkan petunjuk dari langit bahwa elo harus menjalani mimpi elo untuk terus berkeliling dan AirAsia jadi bagian untuk mewujudkan mimpi-mimpi elo. sounds crazy huh?! 🙂

Hanya dalam satu malam dan satu kesempatan yaitu ketika AirAsia membuka promo free seats yang pertama kali gue alami kala itu, pikiran gue dibuka dan seakan hidup gue berubah. AirAsia menyediakan kesempatan untuk elo semua yang ingin bepergian jauh dalam waktu cepat namun tetap nyaman dan yang paling penting adalah murah, dan ini adalah kesempatan yang setiap orang harus manfaatkan. Semenjak saat itu juga, entah berapa jauh gue melangkah ke berbagai tempat baru, suasana baru, orang-orang baru, bahasa baru dan yang paling penting adalah pengalaman baru. Karena seperti pepatah bijak selalu berkata bahwa pengalaman adalah sesuatu hal yang tidak bisa diukur dengan uang.

“AirAsia mengubah hidupmu? my answer is: absolutely yes!”

Leave a comment